Friday, December 27, 2013

Seleksi Nasional KL-YES 2014-2015 , 1322 - Batch 1

Alohaaaaaa 
Pin seleksi nya nih :D (Picture by Maulida)



Beberapa hari lalu, tepatnya tanggal 23 Desember 2013 aku mendapatkan surat kelulusanku sebagai calon penerima beasiswa penuh pertukaran pelajar yang disponsori oleh US Department Of State! Yep! dalam keikutsertaanku di YES National Selection Year Program 2014/2015. 
Finally, I made it! USA! i wish i'll be there next year!

Setelah melewati berbagai seleksi yang cukup panjang, namun selalu memorable untukku, akhirnya aku lolos. FYI, Dari sekolahku yang daftar itu 7 orang. Namun yang ikut Seleksi Tahap 1 hanya 5 orang, yang lolos sampai ikut Seleksi Tahap 2, ada 3 orang, begitu juga yg lolos ke seleksi tahap 3 ada 3 orang. Namun di seleksi 3, 1 diantara kami tidak lolos. Dan akhirnya yang dapat program KL-YES Full Scholarship dari sekolahku ada 2 orang, yaitu Aku dan Ivana! 

Menjadi 10 diantara 1000an orang yang ikut seleksi di Chapter Jakarta itu pencapaian yang tentunya harus aku syukuri!  Jadi, seleksi ini bertahap-tahap! Seleksi 1,2,3 yang diadakan di Chapter, Seleksi berkas nasional (berkas penjurian di masing-masing Chapter mengalami penjurian di Tingkat Nasional), Pengisian Form AFS (Untuk Indonesia, negara Tujuan ada 26), Home Interview, Pembagian Program ( AFS, KL-YES atau aku lupa namanya Kimonakari kah(?) ). 

Tahun ini, Di Bina Antarbudaya, Untung Program Kimonakari (aku lupa namanya apa), tujuannya adalah Jepang! Untuk Program AFS, negara tujuannya adalah Amerika Serikat, Argentina, Brazil, Meksiko, Belanda, Belgia, Ceko, Denmark, Finlandia, Hungaria, Iceland, Italia, Jerman, Latvia, Norwegia, Perancis, Rusia, Swedia, Swiss, Turki, China, Filiphina, India, Jepang, Malaysia, Thailand. Untuk Program KL-YES (Kennedy Lugar - Youth Exchange and Study) , negara tujuannya hanya Amerika Serikat karena program ini 100% disponsori oleh US Department of State, namun pada akhirnya dikelola oleh AFS-USA juga. Jadi, yang membedakan AFS dan YES adalah pemberi beasiswa dan negara tujuannya saja, Kedua program ini tetap di jalankan oleh lembaga AFS (American Field Service).

FYI, sejak beberapa tahun lalu, AFS itu tidak full scholarship karena mulai berkurangnya sponsor dan donatur yang membiayai keberangkatan siswa. AFS adalah beasiswa parsial, orang tua boleh berkontribusi untuk membantu yayasan ini semampu masing-masing. Aku rasa, karena YES ini Full Scholarship a.k.a Gratis makanya ada seleksi tambahan, yaitu seleksi nasional di Wisma Handayani, 14 -16 November 2013 (Batch 1)

Langsung ke ceritaku!

Saturday, October 26, 2013

Macbeth Tragedy : Stronger


Macbeth
"Bagaimana pasien Anda?"


Dokter   : 

"Tak terlalu parah Tuan. Karena dia terganggu oleh khayalan-khayalannya. Itulah yang membuatnya gelisah."


Macbeth : 


"Sembukan dia; 
Sembuhkan penyakit-penyakitnya; 
Petik kesedihan dari ingatannya; 
Hapus kesulitan-kesulitan di otaknya; 
Dan berikan bebeapa penangkal kelalaian; 
Bersihkan isi dada dari hal-hal yang menyakitkan."

Dokter : "Si pasienlah yang harus melakukan itu semua."

Sunday, October 13, 2013

Confusing



Banyak hal yang terkadang tak bisa aku mengerti dengan pikiran yang aku tak tahu sejauh mana batasnya. Ada kalanya, ketika kita tak sependapat dengan orang lain. Bahkan dengan orang terdekat kita sekalipun. Aku pernah berkata bahwa tidak mudah untuk fokus kepada hal-hal yang berbeda. Ketika menganggap bahwa semua hal itu adalah penting, pasti fokus akan terpecah belah. 


Thursday, October 10, 2013

unspoken thought

Tadi itu..

Aku dan 5 orang lainnya dicalonkan untuk maju sebagai pasangan Kandidat Ketua OSIS & Wakil Ketua OSIS.

Sunday, October 6, 2013

Jones or Jovi?

Jones or Jovi???


Sekarang ini, lagi ngetrend nih yang namanya Jones (re: Jomblo Ngenes). Kalau menurut saya, setiap jomblo itu belum tentu ngenes. Tergantung gimana kita hadapinnya. 

Sejak saya kenal anak bernama Jovian, adik kelas yang selalu happy, walaupun ia jomblo dan diberi tumpukkan soal macam kode-kode penuh arti sebanyak apapun, hidupnya kaya ga pernah galau! Dan, saya pun menemukan istilah baru! 
Jovi!

Sunday, September 29, 2013

Aku & Saya

Biarlah "aku" menggaung dalam ruang kata ini, saat kata "saya" tak cukup posesif
dan tak dapat mewakili egoisme yang terbendung dalam diri ini


Ilalang di antara rumput-rumput

Saturday, September 14, 2013

Di Otak ini..


Di otak ini sedang ada banyak kunang-kunang yang berterbangan memaksaku untuk mengetik

Di otak ini banyak sekali argumen bagai buah simalakama

Yang jika disampaikan dapat mengubah persepsi orang-orang

Yang dapat membuat orang lain merasa disudutkan

Bahkan dapat membuat si penyampainya dibenci

Tapi jika tak disampaikan, akan jadi penyesalan dalam diri kami, termasuk diriku pribadi..




Thursday, September 12, 2013

The Resonanz


Kemarin aku pulang sekitar jam 10-an malam. Baru kembali dari The Resonanz Music School, taping bersama Dedy untuk program Profesiku, Profesimu Daai TV. Dan juga mendengarkan melodi indah yang sampai detik ini masih mengalun di kepalaku. 

Ya.. Malam itu sekelompok anak berbakat berusia 4-16 tahun sedang latihan untuk Orchestra Wayang untuk penampilan di Taman Ismail Marzuki. Aku suka lagu Taroret, alunan perkusi, Paduan suara, Grand Piano, Cello, Terompet, Xylophone, Violin, Biola dengan hentakan irama dari seorang Conductor yang mengiringnya membuat lagu karya anak bangsa tersebut terdengar begitu classy.


Tuesday, September 10, 2013

Ilalang, Mawar & Cemara


Pernahkah kau melihat ilalang?
Yang berada di tengah-tengah rumput yang bergoyang
Yang selalu melambai tertiup angin ketika seseorang lewat


Pernahkah kau melihat bunga mawar?
Yang terlihat berseri sepanjang hari
Namun cukup tajam bila didekati

Monday, September 9, 2013

Smile

Kau tahu senyum itu seperti apa?
Ya seperti itu, ketika kau sedang bercanda dan tak tahu apa ekspresi yang tepat.
Kau juga tersenyum ketika kau sedang kesal.
Kesal terhadap apapun, terhadap apa yang aku lakukan, terhadap perbuatan temanmu, atau terhadap kondisi yang seharusnya tidak kau hadapi. 

Tuesday, August 6, 2013

Make Online Friends Worldwide!

Have you ever made friends? I bet you have made friends before. What about an online friend? Some of you might think that how could we have friends from another country when we don't have money to go to another side of the earth. It's not the main problem. MONEY is not everything. All you need is the capability of being your self, be nice to everyone and respect the diversity of culture, ethnicity, life style,etc. What if we don't have those capabilities? It would emerge as time goes. 

Monday, August 5, 2013

INDONESIA itu "KAYA"


Saya baru saja membaca Post mengenai Indonesia yang Kaya. Apakah kamu berpikir demikian?
Jika tidak, silahkan baca artikel yang berisi percakapan singkat seorang mahasiswa Indonesia dan seorang pengusaha asal Singapura :)
Berikut artikel yang saya kutip.





Monday, May 20, 2013

Seleksi Tahap 2 AFS/YES Chapter Jakarta

Holla Amigo!

Well, Ellen's writing this post for you.
Kali ini, aku mau cerita soal pengalamanku mengikuti seleksi Tahap 2, Interview Session! Sebagai kelanjutan dari kisahku saat mengikuti Seleksi AFS/YES Tahap 1 Chapter Jakarta. Aku gak nyangka aku bisa lolos tahap 1, padahal pengetahuan umumnya itu ya ampun .___. Yaudah lah ya, intinya udah lolos :)

Ini Photo aku di ruang tunggu! Taken by Dwi :D

Well, ayo mulai membaca kisahku! 

Wednesday, May 15, 2013

noname

Untuk seorang atlet bulu tangkis yang bersekolah di Montessori

Hey! Apakah masih ingat aku?
Beberapa tahun lalu kita sempat dekat dan mengenal satu sama lain dengan baik. Itu semua dimulai ketika kau datang ke rumah saudaramu, yang berada di dekat rumahku.

Aku masih ingat kau mempunyai teman spesial yang memiliki nama panggilan yang sama denganku. 
Dan dia..
mengenalku
Dia sempat salah paham akan pertemanan kita, dan aku memutuskan untuk mengabaikanmu. Beberapa bulan kemudian, sempat terpikir olehku bahwa aku sangat kekanak-kanakan layaknya Sinetron A**i Sahabat yang sempat nge-trend saat itu. Untung saja, masa-masa pra remaja ku yang cukup labil sudah berlalu!

Ku dengar kau mendapat tawaran untuk tinggal dan melatih kemampuan bermain badmintonmu di Negeri Paman Sam. Sekolahku dan apartemenmu tidak berada cukup jauh. Aku pernah melihatmu, sesekali.

Aku tak tahu kenapa aku mengetik ini, anyway Congratulation :)

-Seseorang yang masih mau menjadi temanmu 

Sunday, April 28, 2013

Seleksi Tahap 1 AFS/YES Chapter Jakarta

Hari yang aku nanti-nantikan akhirnya datang juga! Yeah Seleksi AFS & YES Tahap 1!
Mungkin jika kalian kenal dekat denganku, kalian tahu bahwa aku sudah menceritakan mengenai program ini berulang kali. Pertama kali tahu program ini yaitu ketika menonton "Amerikaku" di O Chaninel. Sejak saat itu, aku menyempatkan diri untuk browsing mengenai program tersebut. Sempat aku tertarik untuk apply beasiswa di Singapore yang berasal dari organisasi ASEAN. Namun, aku sudah memantapkan pilihan bahwa yang aku ingin raih adalah AFS ataupun YES. Meski belum tentu mendapatkannya, apa salahnya di coba? :)


Saturday, March 30, 2013

Verifikasi Seleksi AFS

Mungkin karena beli pin yang tidak bersama membuat kami para freshman merasa kurang "solid" lol #apaini
Akhirnya, 2 hari sebelum verifikasi, gue,Mona, dan Ivana memutuskan untuk pergi bareng! Dan Ya! Mama ga paranoid lagi kalo gue naik busway TransJakarta.



Oke inilah perjalanan kami verifikasi untuk Seleksi AFS Chapter Jakarta! :)


Monday, March 25, 2013

Open House Bina Antarbudaya Chapter Jakarta

Can't believe that finally my mom agreed for what i want to!


Yeah applying for INAYPSc :) Today, i went to Bina Antarbudaya Chapter Jakarta Open House at One Fifteenth Coffee, behind Bina antarbudaya Office. 
4 of my friends applied this program too! Today, i went to 1/15 Coffee with my mom and sister. Dad can't go with us. Actually, we didn't tell him about this, since i knew that he would disagree with this program. My mom disagreed at the first time, but debating (at the good way) was the best choice for me. Finally, she agreed with that!