Sunday, April 28, 2013

Seleksi Tahap 1 AFS/YES Chapter Jakarta

Hari yang aku nanti-nantikan akhirnya datang juga! Yeah Seleksi AFS & YES Tahap 1!
Mungkin jika kalian kenal dekat denganku, kalian tahu bahwa aku sudah menceritakan mengenai program ini berulang kali. Pertama kali tahu program ini yaitu ketika menonton "Amerikaku" di O Chaninel. Sejak saat itu, aku menyempatkan diri untuk browsing mengenai program tersebut. Sempat aku tertarik untuk apply beasiswa di Singapore yang berasal dari organisasi ASEAN. Namun, aku sudah memantapkan pilihan bahwa yang aku ingin raih adalah AFS ataupun YES. Meski belum tentu mendapatkannya, apa salahnya di coba? :)



Waktu itu, aku tidur pukul 23.15 pm. Ya, esok harinya adalah Seleksi AFS/YES Tahap 1. Aku menyempatkan browsing kilat di saat-saat terakhir. Detik.com, Okezone Yahoo, dan "Wiki hari ini" menjadi santapan mataku malam itu.

Tanggal 28 April, aku terbangun karena suara sekitar yang membangunkanku. Mama juga terbangun. Oiya, saat itu kancing atas seragamku lepas! Untung saja, ada peniti di hanger baju kamar mandi tersebut. Aku berangkat pukul 5.20 am. Karena jarak yang tidak terlalu jauh, pagi-pagi benar kami sudah sampai, bahkan sebelum sang senja menampakkan dirinya seutuhnya. Belum banyak orang yang datang. 

Sembari menunggu, mama pun berkeliling. 15 menit kemudian, Mama udah ketemu sama Mamanya Dwi, teman satu sekolahku yang juga daftar program ini. Saat itu, tempat sekitar Gedung H sudah dipenuhi orang-orang. 

Meja bermasalah juga sudah dibuka, Dwi yang aku beri tahu bahwa kartu pesertanya belum di cap segera mendatangi meja yang diatasnya terdapat tulisan "Meja Bermasalah".

Aku pun masuk ke ruangan H-304. Aku duduk di barisan paling kanan dan berada di baris kedua dari depan. Monalisa satu ruangan denganku! Saat itu, ada 4 orang yang mengawasi ruang kami, Kak Tiara, Kak Mitha, Kak Lia & Kak Ikhsan
Seleksi di bagi menjadi 3 tahap.

1. Pengetahuan Umum

Awalnya, aku kira soal-soal ini bener-bener random banget. Tapi, ternyata itu ga sehoror yang aku pikirkan. Menurutku, beberapa pengetauhan dari pelajaran-pelajaran SMP, pengetahuan Indonesia & dunia, dan berita-berita terbaru yang lagi booming. Tahun ini, model soalnya ternyata beda dari tahun-tahun sebelumnya. 85 soal Pilihan Ganda seperti pada umumnya, dan 20 soal pilih pernyataan yang benar. Jadi, perintah No. 85 - 100 itu kalo aku gak salah. Pilih A, jika pernyataan 1 dan 3 benar, pilih B jika pernyataan 1,2,3,4 benar . Pilih C jika pernyataan 2 dan 4 benar. Pilih D jika tidak ada yang benar. Aku lupa urutan benar salahnya, tapi kira-kira seperti itulah.

Oiya, ada kejadian yang terus aku inget. Pas aku udah selesai ngerjain soalnya, Aku kan gak ada kerjaan. Ya udah aku salin soal & jawabannya di kertas coretan yang aku bawa. Fungsinya, supaya nanti bisa browsing jawaban yang bener apa. Dan Ya! Berhubung kursiku itu berada di barisan paling kiri dan urutan kedua dari depan, ditambah dengan keadaan kursi di depanku yang tak berpenghuni. Tentunya, apa yang aku lakukan bisa kelihatan jelas oleh Observers.

Saat itu, Kak Mitha datang, aku masih ingat dia itu gadis berkerudung kuning yang sempat aku ajak ngobrol di Open House Bina Antarbudaya Chapter Jakarta .
Kak Mitha : Itu kertas apa?
Aku : Coretan Kak.
Kak Mitha hendak kembali ke meja observer, lalu tiba-tiba berbalik arah.
KM: Kamu nulis apa?
A: Nyalin soal sama jawabannya kak.
Kak Mitha memberitahu Observers lainnya, dan yaa coretanku diambil.

Aku udah dagdigdug takut di-blacklist dikira nyontek. Dengan perasaan campur aduk ditambah kondisi hidung yang pilek. Aku tanya Kak Mitha apa seleksi ini pake sistem blacklist, katanya kerjain aja dulu, fokus sama seleksinya.

Dengan kondisi hidung yang pilek, aku bingung apa mereka pikir aku nangis atau engga, padahal sebenernya sih engga. Kak Tiara tiba-tiba datang ke meja aku dan ngasih tahu supaya aku fokus aja tesnya, gak usah mikir macem-macem takut di Blacklist. Mereka Observer yang baik! #winkwink

Nah.. Ini soal yang aku kutip dari www.kumpulansoal.net

P.S : Aku lupa jawabanku, jadi aku ga ketik semua jawabannya disini. Bagian yang didalam kurung itu jawaban aku.


1. Dibawah ini yang bukan merupakan Negara pendiri Association of Southeast Asian Nations ( ASEAN ) adalah … (Brunei Darussalam)

2. Tujuan suatu Negara tercantum dalam … (UUD 45 alinea ke-4)

3. Tempat fertilisasi pada manusia berada pada … (Oviduk, Jawaban aku salah)

4. Berikut ini contoh gerakan yang dilakukan oleh saraf sadar adalah …  (Ani berteriak karena tertusuk duri)

5. Jumlah 8 suku pertama dari 2, 4, 8, 16, .., .., adalah …

6. Pembuahan secara eksternal terjadi pada hewan …

7. Berikut ini yang merupakan kalimat tidak baku adalah …

8. Berikut ini hewan yang telah mendekati kepunahan karena jumlahnya yang sedikit antara lain …

9. Berbagai macam jenis kaki burung dan paruh burung merupakan contoh adaptasi … (Morfologi)

10. Berikut ini yang bukan merupakan unsur penyusun matahari adalah …

11. Berikut ini yang bukan merupakan akibat dari revolusi bumi adalah …

12. Janin yang berada di dalam rahim, mendapatkan makan melalui … (Plasenta)

13. Berikut ini yang merupakan kalimat tidak baku adalah …

14. Pagiku hilang sudah melayang / hari mudaku sudah pergi / sekarang petang membayang / batang usiaku sudah tinggi. Kalimat bergaris bawah memiliki makna …

15. Berikut ini yang mengandung kata berhononim adalah …

16. Ombak datang ( … ) tengah laut bergulung ( … ) tepi pantai dan kembali lagi ( … ) tengah laut. Preposisi yang tepat adalah …

17. Berikut ini yang merupakan kalimat pengandaian adalah …

18. Berikut ini merupakan faktor yang mempengaruhi adaptasi makhluk hidup, kecuali …

19. Volume tabung yang memiliki tinggi 20 cm dan diameter 21 cm adalah …

20. Negara yang menjadi penengah dalam perundingan Linggar Jati adalah … (Amerika Serikat)

21. Penggunaan preposisi pada kalimat dibawah ini yang tepat adalah …

22. Apabila syaraf optik mengalami kerusakan, maka akan menyebabkan …

23. Sebelum adanya uang, manusia melakukan pembayaran dengan cara menukarkan barang yang dimilikinya dengan barang yang ingin dimilikinya, disebut dengan …

24. Titik orbit yang terdekat dengan matahari adalah … (Perihelium)

25. Jika uang di masyarakat jumlahnya sedikit, maka nilai uang tersebut akan … (mengalami inflasi)

26. Berikut ini yang bukan merupakan syarat terjadinya uang adalah …

27. Berikut ini yang bukan termasuk Candi Hindhu adalah …

28. APEC merupakan organisasi yang anggotanya adalah negara bagian … (Asia-Pasific)

29. Batas sebelah timur Asia Tenggara adalah …

30. Negara di kawasan Asia Tenggara yang wilayahnya dikurun daratan adalah …

31. Laut yang tidak terdapat pada Samudera Atlantik adalah …

32. Yang disebut pahlawan revolusi adalah …

33. Mata uang yang digunakan di Negara Vietnam adalah …

34. Berikut ini yang tidak termasuk fungsi Negara adalah … (Fungsi Agama)

35. Ketika anda meniup air kapur yang mulanya bening, maka air tersebut akan menjadi keruh. Ini membuktikan bahwa pengeluaran pernafasan mengandung … (CO2)

36. Berikut ini merupakan unsur utama berdirinya suatu Negara, kecuali …

37. Kerjasama yang terjadi antara dua Negara dinamakan … (Bilateral)

38. disajikan sebuah tabel, kemudian anda diminta membuat kesimpulan dari tabel tersebut

39. Susunlah kalimat berikut ini hingga menjadi urutan lagu yang benar …

a. Tanah air pusaka, Indonesia merdeka

b. Syukur aku sembahkan, kehadiratmu Tuhan

c. Dari yakinku teguh , hati iklasku penuh

d. Akan karuniamu

40. Sekjen ASEAN sekarang Le Luong Minh berasal dari negara.... (Vietnam)

41. Negara ASEAN yang menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa sehari-hari adalah, kecuali …

42. Baris ke 8 dari deretan 3, 6, 12, 24, …, …, adalah …

43. Olimpiade musim panas 2012, Indonesia mendapatkan 1 medali perak dan 1 medali perunggu di cabang olahraga … (Angkat Besi)

44. Negara yang menggunakan Spanyol sebagai bahasa nasional adalah … (Mexico)

45. Negara dibawah ini yang terletak di Semenanjung Utara Eropa adalah …

46. Presiden Amerika yang tidak menempati White House, Washington DC adalah … (George Washington)

47. Barack Obama merupakan presiden Amerika ke …

48. Kardinal Jorge Mario Bergoglio dari Argentina akhirnya terpilih menjadi Tahta Suci, mendapatkan gelar …

49. Berikut ini merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus, adalah … (Flu,Herpes,dll)

50. Berikut ini yang merupakan kata serapan dari bahasa Inggris adalah …

51. Ketua Panglima Angkatan Senjata Indonesia saat ini adalah … (SBY)

52. Mata uang euro digunakan di Negara …

53. Samudera yang terletak di antara Asia-Eropa dan Amerika adalah …

54. Atlit wanita Indonesia yang pernah memperoleh peringkat 19 dalam Women’s Tennis Association ( WTA ) adalah … (Yayuk basuki)

55. Melambai-lambai / nyiur di pantai / berbisik-bisik / raja kelana … Merupakan potongan lagu yang berjudul …(Rayuan Pulau Kelapa)

56. Apabila saat ini di Greenwich, London menunjukkan pukul 07.00 maka di Jakarta menunjukkan pukul …

57. Berikut ini adalah ibukota Negara di Eropa, kecuali …

58. Di tahun 2013 ini marak penyakit baru yang mematikan ribuan unggas di China, yaitu virus flu burung yang memiliki kode virus … (H7N9, saya jawab H5N1 .___.)

59. BKKBN memiliki kepanjangan … (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional)

60. 3 bahasa yang lazim digunakan di Negara Swiss adalah sebagai berikut, kecuali … (Belanda)

61. Hubungan atau peristiwa makan dan dimakan antar makhluk hidup di alam lingkungannya berdasarkan urutan tertentu disebut …

62. Jika mistar plastik digosok dengan rambut yang kering kemudian didekatkan pada sobekan kertas kecil-kecil, maka kertas akan menempel pada mistar. Ini menunjukkan bahwa mistar plastik bermuatan listrik …

63. Pekan olahraga untuk Negara Asia Tenggara adalah SeaGames, sedangkan pecan olahraga untuk Negara-negara persemakmuran adalah … (Commonwealth Games)

64. Bangun ruang yang memiliki 4 sisi yang sama luas adalah … (Kubus)

65. Sebuah asrama memiliki penghuni sebanyak 30 orang. Persediaan makanan yang ada diperkirakan akan habis selama 8 hari. Karena ada tambahan 10 orang penghuni, persediaan makanan akan habis dalam … hari

66. Presiden Korea Utara yang sedang menjabat sekarang ini adalah … (Kim Jong Un)

67. Abdurrahman Wahid adalah presiden ke …(4) dan Megawati Soekarnoputri adalah wakil presiden ke … (8)

68. Imunisasi gizi yang lengkap untuk bayi adalah … (Polio, Campak, Tetanus, Hepatitis, dll)

69. Perpindahan penduduk dari desa terpencil ke kota besar disebut …

70. Istilah hudoq berarti … (Tarian Dayak)

71. Industri pesawat terbang Indonesia dengan CASA Spain, berhasil menerbangkan pesawat terbang dengan nama … (CN-235, nonton Habibie & Ainun dong! )

72. Manakah bilangan yang memiliki nilai paling besar …

73. Film “Habibie dan Ainun” merupakan film yang dibuat karena terinspirasi dari sebuah buku karya dari … (Bacharudin Jusuf Habibie)

74. Kalimat dengan imbuhan “di” yang benar adalah …

75. Berdasarkan UUD 1945, Negara Indonesia menganut sistem pemerintahan … (Presidensial)

76. Planet Mars terletak diantara … (Bumi dan Jupiter)

77. Pada sambungan rel kereta api diberikan celah, dengan fungsi agar …

78. Ragi pada roti bergungsi untuk … (Membantu proses fermentasi)

79. Bagian dari ginjal yang menampung urine sebelum dikeluarkan adalah … (Rongga Ginjal, saya jawabnya uterus .___.)


80. Perjuangan Irian Barat dilakukan dengan fase-fase berikut, kecuali …

Setelah itu istirahat deh setengah jam. Mama beli makanan banyak banget. Well, kesamaan mama sama Papa Dwi adalah suka sama kuliner! haha. Istirahat berasa cepet banget

2. English

Tahap ini kaya UN SMP bahasa inggris sih. Mudah kok! 50 soal pilihan ganda berupa Reading Comprehension, Grammar dan Vocabulary.

Setelah tes, ada break 1 jam 30 menit. Aku menyempatkan diri untuk ke perpustakaan utama. Cukup jauh sih. Tapi lumayanlah buat refreshing.

Di luar perpustakaan
aku juga menyempatkan diri di Caffe dekat gedung H, sayangnya karena bel sudah berbunyi. Dan beberapa orang tua serta Mamanya Dwi mengingatkanku, aku baru memakan 3 suap nasi

Makanan yang gagal ku habiskan

3. Essai Bahasa Indonesia
Waktunya 90 Menit, kamu diberi selembar kertas folio dan selembar kertas buram untuk kerangka karangan atau sekedar mencorat-coret.  Kertas folio & kertas buramnya ada cap Bina Antarbudaya, aku rasa itu untuk mengurangi resiko kecurangan yang terjadi.

Kami diberi tiga topik dan harus memilih salah satu diantaranya untuk kami kembangkan sebagai essai. Di tahap ini, aku termasuk orang kedua terakhir yang paling lama selesai.
Berikut topik essai yang wajib kita pilih:

1. Jika aku adalah orangtuaku apa yang akan aku nasehati kepada diriku saat ini?
2. Jika aku adalah Walikota atau Bupati suatu daerah,apa yang akan aku kontribusikan kepada rakyatku/
3. Apa yang akan aku bangan pada diriku dan hidupku,jika aku adalah arsitek hidupku? 

Aku pilih yang ketiga. 

Seleksi ini berkesan banget buatku :)

Aku harap aku lolos ke tahap berikutnya!


3 comments:

  1. I know that it's too late, but how was it? jujur soal pengetahuan umum tahunnya adik jauh lebih "enak" daripada tahun 2010 hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul kak, tapi jadi beda sama ekspetasiku . Tadinya aku kira akan lebih banyak berita. Ternyata lebih ke pengetahuan umum pelajaran di sekolah dan geografis indonesia!

      Besok aku seleksi YES nasional! :) Wish me luck Kak Doni!

      Delete
  2. ya allah kaaaaaaa.... aku nyarinyari blog kaka ini , akhirnya ketemu juga {} , makasih ya ka postingannya , doain aku ya kaa, besok aku mau test juga , semoga aku keterima. aminO:)

    ReplyDelete

When u comment here, it means u Notice me :)