Friday, December 27, 2013

Seleksi Nasional KL-YES 2014-2015 , 1322 - Batch 1

Alohaaaaaa 
Pin seleksi nya nih :D (Picture by Maulida)



Beberapa hari lalu, tepatnya tanggal 23 Desember 2013 aku mendapatkan surat kelulusanku sebagai calon penerima beasiswa penuh pertukaran pelajar yang disponsori oleh US Department Of State! Yep! dalam keikutsertaanku di YES National Selection Year Program 2014/2015. 
Finally, I made it! USA! i wish i'll be there next year!

Setelah melewati berbagai seleksi yang cukup panjang, namun selalu memorable untukku, akhirnya aku lolos. FYI, Dari sekolahku yang daftar itu 7 orang. Namun yang ikut Seleksi Tahap 1 hanya 5 orang, yang lolos sampai ikut Seleksi Tahap 2, ada 3 orang, begitu juga yg lolos ke seleksi tahap 3 ada 3 orang. Namun di seleksi 3, 1 diantara kami tidak lolos. Dan akhirnya yang dapat program KL-YES Full Scholarship dari sekolahku ada 2 orang, yaitu Aku dan Ivana! 

Menjadi 10 diantara 1000an orang yang ikut seleksi di Chapter Jakarta itu pencapaian yang tentunya harus aku syukuri!  Jadi, seleksi ini bertahap-tahap! Seleksi 1,2,3 yang diadakan di Chapter, Seleksi berkas nasional (berkas penjurian di masing-masing Chapter mengalami penjurian di Tingkat Nasional), Pengisian Form AFS (Untuk Indonesia, negara Tujuan ada 26), Home Interview, Pembagian Program ( AFS, KL-YES atau aku lupa namanya Kimonakari kah(?) ). 

Tahun ini, Di Bina Antarbudaya, Untung Program Kimonakari (aku lupa namanya apa), tujuannya adalah Jepang! Untuk Program AFS, negara tujuannya adalah Amerika Serikat, Argentina, Brazil, Meksiko, Belanda, Belgia, Ceko, Denmark, Finlandia, Hungaria, Iceland, Italia, Jerman, Latvia, Norwegia, Perancis, Rusia, Swedia, Swiss, Turki, China, Filiphina, India, Jepang, Malaysia, Thailand. Untuk Program KL-YES (Kennedy Lugar - Youth Exchange and Study) , negara tujuannya hanya Amerika Serikat karena program ini 100% disponsori oleh US Department of State, namun pada akhirnya dikelola oleh AFS-USA juga. Jadi, yang membedakan AFS dan YES adalah pemberi beasiswa dan negara tujuannya saja, Kedua program ini tetap di jalankan oleh lembaga AFS (American Field Service).

FYI, sejak beberapa tahun lalu, AFS itu tidak full scholarship karena mulai berkurangnya sponsor dan donatur yang membiayai keberangkatan siswa. AFS adalah beasiswa parsial, orang tua boleh berkontribusi untuk membantu yayasan ini semampu masing-masing. Aku rasa, karena YES ini Full Scholarship a.k.a Gratis makanya ada seleksi tambahan, yaitu seleksi nasional di Wisma Handayani, 14 -16 November 2013 (Batch 1)

Langsung ke ceritaku!



Minggu, 10 November 2013, Pukul 00.02 aku membuka emailku dan ternyata aku dapat email dari Kak Mulia bahwa aku berkesempatan untuk mengikuti Seleksi YES Nasional di Wisma Handayani beserta 9 orang lainnya yang menjadi perwakilan Chapter Jakarta untuk Seleksi YES ini. Aku agak menyesal tidak mengisi pulsa modemku beberapa hari lalu. Ternyata emailnya sudah dikirim sejak tanggal 8 November!

Dan ternyata aku harus melengkapi berkas Online Aplication YES yang lebih tebal dibandingkan berkas AFS. Aku akan mengikuti Seleksi YES Nasional pada tanggal 14-16 November 2013. Itu berarti hanya tersisa 3 hari untuk pengerjaan Form ini. Selama 3 haripun, Mamaku mengerti mengapa aku perlu begadang! Haha, Di sekolahpun, tidak jarang aku dan Ivana terpaksa harus bolos pelajaran tertentu untuk ke Rumah Sakit, Ruang Mr. Hotman dan legalisir raport! Dan akhirnya berkas itu sukses aku selesaikan di tanggal 14 November!

***

Rabu, 14 November 2013, Aku sempat ke sekolah supaya tidak terlalu banyak Izin di Raport ku! Hanya masuk pada pelajaran pertama. Pukul 11.08 , aku sampai di Wisma Handayani. Ternyata Ivana yang aku tinggalkan karena masih numpang scan berkas di depan ruangan Bu Diah sampai lebih awal. Aku memang sempat ke Mall, untuk berganti pakaian dari seragam sekolah menjadi pakaian formal. Aku merasa bersalah dengan Ivana.

Peserta-peserta dari Chapter daerah Jawa sudah banyak yang sampai, Ada Karawang, Bogor, Bandung, dan Jakarta! Akupun berkenalan dengan mereka, karena aku datang terlambat. Mereka sudah mengenakan Pin Seleksi YES, dan Name Tag masing-masing! Dibagikan juga Form Pengenalan Diri yang tebalnya udah kaya Tugas Makalah di sekolah  mungkin 20 lembaran yang harus udah selesai besok jam 6 pagi!

Kamipun diarahkan Kakak-kakak panitia untuk ke ruang makan segera yang terletak di Wisma 2, lantai 2. Ketika kami makan, datanglah peserta-peserta lain dari Chapter Medan, Samarinda, dan Balikpapan! Langsung deh SKSD dimulai! Selesai makan, langsung Briefing di Gedung 3 lt. 3, kuras tenaga lagi .__. 

Briefing

Jadi, Seleksi Nasional ini dibagi 3. Aku termasuk Batch 1 (14-16 Nov), yang terdiri atas 7 Chapter, 43 peserta. 12 Chapter dan ___ SubChapter lainnya termasuk Batch 2 (15-17 Nov) dan Batch 3 (16-18 Nov). Aku dapat kamar 2207, Wisma 2. Roommates ku Margareth Ayu Caroline / Olin  (Bogor) sebagai Ketua Kamar, Mila Sari / Mila (Karawang), dan Cut Meutia Fahira / Icut (Medan). Kita semua dari latar belakang yang berbeda, tapi tetep punya satu mimpi yang sama, Study Abroad! :') Kalo kata Dewang mah Bhineka Tunggal Mimpi!

Ketika Briefing, sempet kaget Kata Kak Widya "Dress well,Girls should wearing Skirt, No T-shirt or Jeans allowed during the test" Ketika Kak Widya bilang, "Any question?" Aku langsung angkat tangan dan nanya soal pemberitahuan memakai rok, di susul Naya dan peserta dari Chapter lain juga menanyakan hal yang sama. Kak Widya jawab, "Gak mau tahu, ketika Dinamika Kelompok 1 dimulai, semua wanita di sini wajib memakai rok yang panjangnya di bawah lutut dan berpakaian formal". Selama 3 hari juga, aku terisolasi dari Gadget dan hubungan dengan dunia luar (?)

Dinamika Kelompok 1 (River Of Life)

Di kamarku, cuma Icut dan Mila yang bawa rok. Aku sama Oline langsung sibuk cari pinjaman rok! Untung Icut bawa 2 rok, aku pun pinjam rok dari Icut! ;D Di DK1, Kak Widya mengumumkan rok tidak di wajibkan, yang penting sopan!

Oiya, Aku sekelompok sama Sony ( Bogor), Sarah (Karawang), Donny (Medan), Tsamara (Jakarta), dan Indah (Samarinda), juga didampingi oleh panitia bernama Kak Yudha dan Kak Dian! Di Sesi ini tiap kelompok di kasih 1 set spidol berwarna. Setiap peserta mendapat 1 kertas HVS, selama 10 menit ( dan tambahan 3 menit) kita di suruh menggambarkan sungai kehidupan kita, tanpa menuliskan satu huruf pun, setelah itu baru bercerita mengenai kehidupan masing-masing dari kecil. Gambarku random banget.

 Di sesi ini, aku ga ngerasa kaya kompetisi. Tapi, sesi sharing a.k.a curhat. Teardrops udah pasti tuh. The rule is  what happened on the table, keep staying on the table. Aku bersyukur memiliki kehidupan seperti sekarang ini. Aku merasa bahwa aku sepatutnya menghargai setiap hal kecil dalam hidupku, meskipun itu masalah. Karena banyak orang di luar sana yang bahkan menghadapi masalah lebih besar dariku. Oiya, aku gak pernah cerita kehidupan aku sedetail itu ke siapapun, sesi ini once in a lifetime banget. Setelah menceritakan kisah kehidupan, kita sebagai pendengar juga boleh memberi saran atau tanggapan. Jadi berasa bukan seleksi! 


Psikotest

Ini Psikotest kaya biasa Tes IQ di sekolah. WARTEGG Test, Gambar Pohon, Orang, dan Gambar 1 set Rumah, Pohon & Orang, dan menuliskan karangan dengan 15 kalimat yang diawali kata Saya. Aku duduk paling depan, ke tiga dari sebelah kanan! Yang di liat adalah kepribadian kita dari hasil test ini.

Snack & Tea Time!

Karena tempat duduk hanya sedikit, di tambah ada juga beberapa panitia & bule-bule kece yang nongkrong di ruangan Tea Time, jadilah aku gak dapet tempat duduk. Aku pergi ke balkon buat makan cookies sama minum teh, di temani rintik-rintik hujan (eaa). Sarh dan cowo *yang aku lupa siapa dia, Maaf .__. * dateng dan cerita banyak tentang hidup. Inspiring banget! :) Setelah ini, ada Break Sholat dan makan malam!

Dinamika Kelompok 2 (Developer Perumahan)

Fun banget! Aku sekelompok sama Dinda (Balikpapan), Najla (Bandung) dan Jordan/Odan (Medan). Jadi di sesi ini, kita analogikan bahwa kita adalah Developer Perumahan, ada 4 jenis proyek pembangunan rumah yang akan kita bikin! Tiap proyek pemimpinnya beda. Tiap orang berkesempatan jadi pemimpin! Kelompok kita didampingi oleh Kak Vitara dan Kakak cantik yang aku lupa namanya *maaf*. Yang memesan rumah adalah Kak Sari dan Kak Sandra, mereka juga yang menilai hasil rumah bikinan kita!

Kelompokku rugi 190 Juta! XD Kita udah ngira kalo perusahaan kita yang paling kere. Ternyata perusahaan kelompok tetangga lebih gila ruginya, 360 juta! Seingetku ada yang untung, tapi cuma 5 juta. Sebenernya kalo mau untung gampang sih, tiap proyek bikin 1 rumah aja, tapi itu kurang menantang! Yang dinilai adalah interaksi kita, jadi buat yang tahun depan ikut seleksi, jangan takut mengambil resiko! ;) *pasti seleksinya udah beda lagi sih* Kelompokku itu Harry Potter, PLN, apa lagi ya ;) whoopss #ifYouKnowWhatIMean



***

Di kamar, aku, Icut, Mila, dan Olin bangun tidur berkali-kali buat ngisi lembaran Form Pengenalan Diri yang 20 lembaran itu ._. Oline sampai ketiduran di kursi. Icut ketiduran di meja. Mila tidur beneran di kasur. Aku siapin kopi di atas meja. Jam setengah 11, aku bangunin Oline & Mila. Oline lanjut kerjain, eh ketiduran lagi deh, lucu bingits! XD Mila malah lanjut tidur terus. Aku ga nyadar, nasibku sama kaya Icut, ketiduran di meja. Icut bangunin aku jam setengah 1. Aku pindah ke atas kasur, terus aku ketiduran lagi. Lembar pengenalan diriku banyak banget kali yang kecampur sama isi mimpi aku. Jam setengah 2, aku kebangun terus bangunin semuanya buat lanjutin Form. Dan lagi-lagi pembaca! saya tertidur! Jam 3 Oline bangunin kita semua yang ketiduran. Jam 4.30 aku dibangunin lagi sama Icut. Formku belum selesai hiks.


Kamis, 15 November 2013, Jam 6 kurang Kakak panitia udah ketok pintu nagihin Form. Di kamarku, cuma aku dan (saya lupa siapa) yang belum. Kita di kasih waktu tambahan 10 menit. Aku panik, aku belum selesai. Dan akhirnya selesai juga jam 6.30 ada kakak yang dengan baik hati masih keliling nyariin Form anak-anak ngaret  seperti saya yang telat kumpul! Hari ini, ada interview! Aku dapat Shift Siang, jadi masih bisa istirahat dan nge revisi Form Letter to Host Family yang sempet Lele salinin ulang buat aku karena handwriting ku jelek, ternyata Letter-ku diringkas Lele, yasudah aku salin ulang lagi! Untung ada Eggy (Bandung) yang punya Letter Form yang kosong dan bisa aku fotocopy di samping Gedung 3.

Interview

Saat nunggu di panggil, kita anak Batch 1 iseng nyapa anak Batch 2, padahal dilarang untuk mencegah kebocoran seleksi,hoho Tapi kita dicuekkin :/ Gilirankupun tiba! Interviewerku Ms. Jerussalem & Kak Diah. Kata anak-anak yang Shift  pagi, wawancaranya bisa aja full english, bisa juga mixed Bahasa Indonesia. Aku dapet interviewer yang Full speaking in english! Tapi ga apa-apa sih, yang penting niat dan interviewnya!

Selesai Interview, aku rencana mau balik ke Wisma 1, tapi lagi hujan gede. Jadilah aku, Maulida, Jeje, Sony,Bai, dan *maaf aku lupa* gak bisa nyebrang kering ke Wisma 1 ataupun Wisma 2. Sony dan Bai jadi tumbal kita untuk hujan-hujanan dan bawain kita payung. Bai jadi ojek payung buat Maulida dan *maaf aku lupa*. Aku payungan bareng Jeje. Dan di tengah perjalanan, payungnya mengalami gangguan (?). Aku sama Jeje terkurung di payung :/ Karena sayang sama Rok pinjaman Icut yang jangan sampai basah. Aku langsung ninggalin Jeje dan ngejar Bai beserta payung dan 2 wanita di sampingnya. LOL

 ***

Di Wisma 1, Lt. 2. Ternyata banyak banget anak Batch 1 lagi main Truth or Dare. Akupun gabung sama mereka. Beberapa saat kemudian bubar karena yang muslim mau Sholat dulu. Aku & Oline langsung ke kamar dan tidur! Ternyata mereka lanjut main di kamar 1322! aku menyesal tak tahu kabar itu :/ 

Essay Writing

Aku rasa ini tes pamungkasnya nih! Setiap orang harus menulis Essay tentang Pengenalan diri, Pencapaian & Masalah terbesar selama 2 tahun terakhir dan bagaimana cara mengatasinya, serta Alasan kenapa US Dept of State & Bina Antarbudaya harus memilih kita. Essay di tulis dalam bahasa Inggris minimal satu setengah halaman. Aku sih 2 halaman malah! Sampai detik terakhir, aku tetep nulis essay :') Jam 9.30 tes selesai!

1322 Nite


Anak-anak Batch 1 nongkrong di Lobby lantai 2, sempet mau pesan PHD, tapi dilarang Kakak akons. Kita malah dapet cemilan yang berbentuk kura-kura berkat Nobel dan Bagas yang minta izin ke Kakak akons. Malam makin larut, kitapun dihimbau oleh Kakak panitia untuk kembali ke kamar masing-masing. Karena emang bandel, kita kumpul di 1322! Memorable banget! 38 atau 39an anak kumpul di 1 kamar kapasitas 5 kamar tidur XD Mulai dari cewe-cewe yang ngumpet pas tau ada Kakak Panitia yang ketok kamar 1322, cerita hantunya Bai soal Macan Beatbox, John Maxwell, dll Cerita Guru kembarnya Dewang, cerita kriknya Annas, Dinda yang penuh tanda tanya, dll! Karena terlalu larut, kitapun kembali ke kamar masing-masing. 
Aku, Oline, Icut, dan Mila cerita banyak soal hidup. Well, lebih nyaman membagikan kisah kepada orang yang memang jauh tinggalnya dari kita, Ya ga sih? Mereka itu roommates yang ga akan aku lupain! Tapi sayangnya Milla ga lolos seleksi YES :(

Jum'at, 15 November 2013, hari ini hari terakhir seleksi, ga kerasa cepet banget :( Tinggal jalanin SLEP Test!

SLEP Test

SLEP, bukan slap atau Secondary Level English Profiency itu merupakan tes kemampuan bahasa inggris. Mirip soal TOEFL, dan beratus-ratus soal! Di detik-detik terakhir aku ngasal deh, entah 7 atau 9 soal. Setelah SLEP Test, ada penutupan dari Kakak Panitia, Gadget kita dikembalikan yohooo! :D Karena akan ada Batch 3, kita dilarang kumpul-kumpul di Lobby Wisma 1. Kita ngadain Farewell di Lap. Tenist, foto-foto, angket Ter-blablabla,dll di Lapangan Tenis. Tersanjung nih dapet predikat Tercantik se Batch 1 XD 

Ini foto-foto di lapangan tenis sebelum pulang, aku yang pakai baju papan catur biru-putih
Sama Satpol PP 1322 ( foto di tangga, makanya Sony jadi pendek)


Nobel (Bogor), ga lolos :( kangen snowbell :(
Sony (Bogor), kembaran Snowbell (?)


Alyaa, Call Me Maybe singer!



Dinda, Me, and Risna

Yunda self-camera, Dony tiduran, Bagas modusin Olin haha i miss it

Growo-Grewe Batch 1-1322 <3

Kejuuuuu!

Growo
Grewe


Sebelum Pergi


Ikut eksis
Helloooo
Panitia (ketemu di Path)

Panitia Seleksi, Yang baju kotak2, di tengah itu Kak Yudha (yang dampingin kelompokku pas River of Life)

Selesai seleksi sampai sekarang, aku gak tau apa arti Growo & Grewe, aku kira artinya Genderuwo (?) haha Aku kangen Batch 1, bahasa daerahpun jadi satu! Saya, aku, gue, gw, gua, abdi, awak, dan growo-grewe (?). Aku masih ga nyangka aku lolos Seleksi YES Nasional, aku masih inget gimana ngebujukin Mama untuk ikut seleksi, untuk siap tinggalin Indo selama setahun nanti, untuk ngerasain Kelas 12 di Indo bareng Adik kelas, untuk bikin Mama-Papa bangga, untuk mengenal Indonesia dari luar.

Perjalanan ini masih panjang, sekarang tinggal menunggu berkasku di seleksi (lebih tepatnya di cek ke-sahannya) oleh US Dept of State dan menunggu Placement, Visa Camp dan Orientasi Nasional !

Seperti yang Kakak returnee katakan, kita udah pasti berangkat, kalau kita udah duduk di pesawat! Banyak banget hal unpredicted yang menentukan kepastian keberangkatan, antara lain kondisi negara tujuan, bencana alam, ketersediaan kuota Host Family dan Host School di negara tujuan, dll Jadi sekarang, aku gak bakal bilang aku pasti berangkat. Gak muluk-muluk dulu! :) Kenal temen-temen dari seluruh Indonesia aja udah berkesan banget buat aku!

Buat temen-temen yang gak lulus, Semangat! Kalian itu spesial dan unique! Ini gak kerasa kaya kompetisi, 3 hari itu masa di mana kita kenal karakter masing-masing & belajar memahami perbedaan, persahabatan, Tears, Laugh, and even Love! Setiap orang itu bisa sukses, dengan cara yang berbeda dan final yang berbeda! Aku bersyukur bisa ikut seleksi ini, bahkan sampai lulus. Kenal kalian udah berarti banget buat aku! No Lebay nih, tapi serius, 3 hari berasa 3 tahun! apakah Batch 2 & Batch 3 merasakan apa yang kami rasakan? :O

Buat readers yang tahun depan mau apply program ini, boleh banget!
Ada 19 Chapters & __ SubChapter yang tersebar di seluruh Indonesia! Yang dinilai bukan akademik aja kok, jadi gak usah minder. :) Setiap orang punya keunikannya masing-masing.
Oiya, untuk program KL-YES, siswa difabel pun bisa daftar kok!

Jadi, ga usah takut untuk melangkah!

Kalau mau tanya aku tentang seleksi, boleh banget! ask me anything on my ask.fm/liviaellen13, hit me up @liviaellen13 or send me an email :) liviaellen@msn.com

I'm waiting your enthusiast message , Freshman!

Love From Ellen :)


9 comments:

  1. Such a great post, Ellen! Cerita kamu lebih lengkap dan mendetail dibanding ceritaku :D And, sepertinya kalian batch 1 banyak foto-foto di lapangan tennis yah? Kita gak ada foto disana sama sekali, dan btw, malam pertama di wisma handayani aku lihat kalian lagi perpisahan di lapangan tennis, it must be so interesting i believe! Congratulations dan semoga kita bisa ketemu (lagi) di visa camp, maupun orientasi nasional :) so happy to know you, Ellen!
    Big love, Devina - Batch 2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amen! ceritamu juga seru :D at least, bisa ngintip kehidupan batch 2 dari post-mu! Hihi
      Oya, kalau ga aku ketik sekarang, aku bakal susah nginget hal kecil yg unfortgetable :') #apaini
      Walaupun ga di lapangan tenis, kalian ada yg bawa DSLR yaa? Wih makib banyak momen yg ter-capture! Btw, Visa camp kalian bareng juga ga sama batch 1? O.o

      Delete
  2. Hi, What a great story!
    NIce to know you. My name is Muhammad Alfian Rasyidin, just call me Alfian. I'm from Chapter Palembang. We're from Chapter Palembang (4 students) really want to know you more especially all the participants from Jakarta who have been passed YES National Selection :).
    I look forward for your reply!
    Contact me on email (malfianrasyidin@gmail.com)

    ReplyDelete
  3. Hey Ellen, ingat banget momen payung pas ujan-ujan sama Bai dan Jeje, xixixixi, aaaa unforgottable moment !

    ReplyDelete
  4. Hey Ellen, ingat banget momen payung pas ujan-ujan sama Bai dan Jeje, xixixixi, aaaa unforgottable moment !

    ReplyDelete

When u comment here, it means u Notice me :)